Foto : Pisang Cavendish

BENER MERIAH – PUJATVACEH.COM – Seorang Petani Kopi Di Bener Meriah Bernama Sucipto, Mengembangkan Budidaya Pisang Cavendish Dalam Kebun Kopi Miliknya Seluas Satu Hektare. Pisang Ini Ditanam Dengan Cara Tumpang Sari Ditengah Tanaman Kopi Miliknya, Di Desa Jamur Uluh, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah.

Setahun Yang Lalu Sucipto Sudah Memulai Kiprahnya Membudidaya Tanaman Pisang Cavendish Ini. Menurutnya Komoditi Pisang Ini Memiliki Masa Depan Cerah, karena Sangat Laku Dipasaran Lokal. Kemudian Pisang Cavendish Ini Juga Dapat Di Ekspor Keluar Daerah.

Untuk Diketahui, Masa Panen Pisang Ini Juga Tidak Terlalu Lama. Dari Mulai Ditanam Hingga Panen Hanya Membutuhkan Waktu Delapan Hingga Sepulu Bulan Saja. Harga Jualnya Pun Bervariasi, Dari Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah Hingga Seratus Delapan Puluh Ribu Per Tandannya.

Sedangkan Untuk Perawatan Pisang Cavendish Ini Juga Tergolong Mudah, Dan Dapat Di Tanam Ditengah Tengah Tanaman Lain. Seperti Yang Telah Dilakukan Oleh Sucipto, Sehingga Tidak Harus Butuh Lahan Khusus.

“Selain Buah Pisangnya, Batang Pisang Juga Dapat Dijadikan Pupuk Organik,”Ungkap Sucipto, Petani Tumpang Sari Pisang Cavendish Dengan Kopi.

Foto : Sucipto, Petani Pisang Cavendish Secara Tumpang Sari Dengan Tanaman Kopi.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments