Bener Meriah–Pujatvaceh.com – Sebanyak 7 rumah warga di Dusun Mantam, Desa Tembolon, kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah, lenyap bersama harta benda karena terbawa dan tertanam dalam lumpur setinggi tiga meter akibat banjir bandang yang disertai sejumlah material berat lainnya, pada Minggu 02 januari 2022.

Bencana banjir bandang yang melanda Dusun Mantam, Desa Tembolon ini, terjadi tengah malam saat warga sedang tidur, namun karena firasat warga setempat karena adanya gemuruh, lantas warga lari ke tempat lain yang tak jauh dari lokasi, sehingga tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Banjir bandang tersebut bermaterial lumpur, bebatuan bahkan batu gajah dari atas bukit, serta sejumlah kayu berukuran besar juga ikut dalam banjir bandang ini.

“kejadian ini terjadi sekitar jam 02.00 dini hari, setelah mengetahui kondisi, kami lari menyelamatkan diri di perbukitan jagung” . tutur Irianto, Warga Dusun Mantam.

Sementara itu kabid Kedaruratan BPBD Bener Meriah Anwar mengatakan, sebanyak 9 kepala keluarga dengan 22 jiwa saat ini sudah dievakuasi dan diungsikan ke polindes desa setempat, untuk sementara waktu.

Luas kawasan yang diterjang banjir bandang ini diduga puluhan hektar, bencana tersebut tidak hanya merusak rumah warga, namun puluhan kebun pertanian jagung, kopi, pisang dan pala wija warga hilang dalam musibah ini.

“Sekitar pukul 02.00 WIB muncul air bah banjir bandang disertai tumpukan material sekitar 3 meter, jadi alhamdulillah masyarakat sudah punya firasat akan ada gejala alam jadi jam 02.00 pagi masyarakat pergi ke perkebunan warga, dan ketika sudah sampai dikebun barulah terjadi banjir seperti ini, alhamdulillah korban tidak ada akan tetapi ada kerugian harta benda” Ungkap Anwar, Kabid Kedaruratan BPBD Bener Meriah

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments