Stok Pupuk Bersubsidi Di Aceh Utara Menipis

Aceh Utara – Kabupaten Aceh Utara merupakan salah satu kabupaten yang memiliki luas sawah terbesar di Provinsi Aceh. Tercatat lima belas persen luas sawah di Provinsi Aceh berada di Kabupaten Aceh Utara dengan luas sawah mencapai tiga puluh delapan ribu empat ratus tujuh belas hektare.

Atas dasar tersebut, tentunya kabupaten Aceh Utara membutuhkan alokasi pupuk bersubsidi dengan jumlah yang besar. Seperti halnya pupuk urea yang dibutuhkan kurang lebih dua puluh ribu ton per tahunnya.

Namun, pupuk yang dialokasikan untuk kabupaten aceh utara hanya sekitar tujuh ribu enam ratus tujuh puluh delapan ton atau hanya terpenuhi sekitar tiga puluh hingga tiga puluh lima persen dari total kebutuhan. Hal itu juga terjadi untuk sejumlah pupuk bersubsidi lainnya.

Untuk menghadapi musim taman rendengan 2020, yang dimulai pada bulan oktober sampai dengan desember tahun ini. kabupaten aceh utara hanya memiliki sisa alokasi untuk pupuk urea sebanyak sembilan ratus dua puluh tiga ton. Kemudian pupuk NPK tersisa tiga ratus delapan puluh lima ton, sedangkan untuk SP-36 hanya tersisa tujuh puluh enam ton.

Terkait hal itu, maka diperlukan penambahan alokasi pupuk untuk Kabupaten Aceh Utara tahun 2020, dengan jumlah pupuk urea sebanyak seribu tiga ratus enam puluh ton, NPK sebanyak seribu seratus empat ton, serta sp-36 dua ratus lima puluh ton lebih. Jumlah tersebut untuk rencana tanam sekitar dua puluh empat hektare lebih.

“Untuk mengatasi kekurangan tersebut, pihaknya telah menyurati Dinas Pertanian Dan Tanaman Pangan Provinsi Aceh, untuk memberikan tambahan alokasi pupuk bersubsidi. Mengingat alokasi untuk setiap kabupaten ditentukan oleh Dinas Provinsi,”Ujar Erwandi Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara.

“Semoga pengajuan tersebut dapat terpenuhi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi di Aceh Utara  hingga desember 2020 mendatang,”Tutupnya.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments