Aceh Timur – Pujatvaceh.com, Para alim ulama dari berbagai kabupaten kota di Aceh menghadiri muzakarah ulama se-Aceh yang ke-4, acara dipusatkan di Dayah Al-Maimanah yang di pimpin oleh Tgk. H. Abdul wahab atau Abu Keude Dua, tepatnya desa Keude Dua, Kecamatan Darul Ihsan, Kabupaten Aceh Timur.

Acara ini mengangkat tema motivator qanun ahlussunnah waljamaah nomor 5 pasal 5 tahun 2000. Adapun sejumlah ulama karismatik aceh yang hadir diantaranya, Abu Paya Pasi Aceh Timur, Abu Blang Jreun Aceh Utara, Abon Arongan Bireuen, Abu Langkawi Aceh Utara, Abah Buket Kawah Aceh Timur dan Abi Lueng Angen Aceh Utara, Abi Lueng Putu Pidie Jaya, Abu Madinah Banda Aceh serta sejumlah ulama lainnya.

Permasalahan pemerkosaan anak dibawah umur akhir-akhir ini sering terjadi di berbagai wilayah di Aceh, oleh sebab itu para alim ulama mengadakan muzakarah ulama se-Aceh yang ke-4 untuk menghasilkan solusi terhadap permasalahan tersebut. Selain itu muzakarah kali ini juga membahas tentang masalah pengertian air mutlak dan hukum bersuci mengunakan air mineral di dalam botol, hitungan saf wanita di belakang saf pria dalam salat jenazah, serta mengenai pakaian pria di dalam shalat dan di luar shalat yang menutupi dua mata kaki.

“Kegiatan muzakarah ini diawali dengan safari subuh di kabupaten Aceh Timur yang dihadiri oleh ribuan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan mudzakarah ulama se-Aceh dengan judul motivator qanun ahlussunnah waljamaah pasal 5 ayat 6, kemudian dilanjutkan dengan acara maulid Nabi Muhammad SAW“ kata Tgk. Aiyub Sami, Ketua Panitia Muzakarah Ulama Ke-4.

Sementara itu, Tgk. H. M. Daud Hasbi atau Abi Lueng Putu mengatakan, para pemateri sepakat hasil muzakarah akan disimpulkan ke dalam buku, nantinya akan disebarkan melalui khatib mesjid.

“Untuk tahun ini yang dibahas tidak banyak hanya 5 macam yang kesemuanya diambil kesimpulan. Saya berpesan kepada para umat dari hasil mudakarah itu nantinya akan dibuat 1 buku yang akan dibagikan kepada khatib untuk disampaikan kepada umat tentang permasalahan yang dihadapi pada saat sekarang ini“ ungkap Drs. Tgk. H. M. Daud Hasbi M.Ag, Abi Lueng Putu Pidie Jaya, Ulama Karismatik Aceh.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments