Aceh TimurPujatvaceh.com – Sejumlah fasilitas medis Puskesmas Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur rusak akibat direndam banjir beberapa hari lalu dengan ketinggian air mencapai satu meter setengah, serta satu unit mobil ambulance juga ikut rusak akibat terendam banjir, selain itu dokumen dan obat-obatan juga tidak dapat diselamatkan karena banjir naik begitu cepat.

Khairil, kepala puskesmas mengatakan, meski fasilitas medis banyak yang rusak akibat banjir,  pihaknya tetap memberi pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Pada pagi ini kita seluruh staf puskesmas melakukan bersih bersih gotong royong bersama untuk membersihkan semua ruangan dalam kondisi yang cukup rusak karena semua ruangan terkena imbas dampak banjir, seperti berkas dan alat-alat kesehatan lainnya akibat dari dampak banjir dua hari yang lalu, untuk pelayanan ke masyarakat kita lakukan semaksimal mungkin walaupun dampak dari pasca banjir kita tetap melakukan pelayanan”. Ungkap Khairil, Kepala Puskesmas Alue Ie Mirah.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan mengatakan, banjir yang menerjang wilayah Aceh Timur sejak 31 Desember lalu mengakibatkan empat puskesmas juga ikut terendam. Diantaranya Puskesmas Alue Ie Mirah, Puskesmas Rantau Panjang dan Puskesmas Peureulak Barat Serta Puskesmas Matang Pudeng.

“Kita ada 4 puskesmas yang terendam yang terutama Puskesmas Alue Ie Mirah, Puskesmas Rantau Panjang dan Puskesmas Peureulak Barat Serta Puskesmas Matang Pudeng. Jadi empat puskesmas ini yang mengalami banjir jadi ada juga termasuk puskesmas yang terganggu fasilitas alat-alat medisnya sehingga ini kita butuh perbaikan untuk mengantinya dan ini sudah kita upayakan pendataan agar mudah kita semua untuk pengadaan selanjutnya dan jangan terganggu pelayanan masyarakat, ini yang sudah kita lakukan”. Ujar Sahminan, Kadis Kesehatan Aceh Timur.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments