Aceh Timur – Pujatvaceh.com – Diguyur hujan lebat sejak Kamis malam, tiga belas desa di kecamatan Indra Makmu, kabupaten Aceh Timur direndam banjir. Ketingian air mencapai satu hingga dua meter lebih.

Imam Mukim Indra Makmu, M. Irwandi mengatakan, banjir mulai naik sekitar pukul 05.00 WIB, subuh tadi. Akibatnya, ratusan rumah di sejumlah desa, infrastruktur, serta sejumlah fasilitas umum lainnya terendam banjir, sekaligus menyebabkan aktivitas warga lumpuh total. Namun saat ini sejumlah warga sudah mulai mengungsi ke dataran tinggi, seperti di meunasah maupun di masjid.

“Banjir hari ini di alue ie Mirah,  Indra makmu dan ada beberapa desa sedang di kepung banjir, dan air semakin bertambah mencapai 2 meter hingga 3 meter. Kemudian ada sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan ada juga ke meunasah dan tempat-tempat lainnya” ujar M. Irwandi, Imam Mukim Indra Makmu.

Berdasarkan informasi terbaru, banjir terus meluap ke sejumlah kecamatan di kabupaten Aceh Timur. Bupati Aceh Timur ikut turun langsung mengevakuasi warganya bersama BPBD dan Dinsos. Disamping itu, Bupati Aceh Timur meminta Camat dan Keuchik inisiatif membangun dapur umum untuk warga.

Adapun kecamatan yang paling parah direndam banjir diantaranya, kecamatan Indra Makmu, Julok, Sungai Raya, Birem Bayeun, Peureulak, Ratau Peureulak, Idi Tunong, Nurussalam, Pante Bidari dan sejumlah kecamatan lainnya juga ikut terendam, ketingian air mencapai satu hingga dua meter lebih.

Hal ini seperti dilakukan di desa Pelita Sagup Jaya, kecamatan Indra Makmu, ratusan warga telah di evakuasi ke tempat dataran tinggi. Selain itu, Bupati Aceh Timur menyalurkan bantuan masa panik dan mendirikan dapur umum untuk warga.

“Kegiatan kami hari ini meninjau evakuasi masyarakat yang terdampak banjir dan ada juga jalan yang putus maupun tanah longsor tapi kami tetap akan melakukan pembersihan. Pengungsi tetap ada seperti yang mukim Indra makmu ketinggian air mencapai 2 meter” tutur H. Hasballah HM Thaib, SH, Bupati Aceh Timur.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments