Aceh Besar – Pujatvaceh.com – Kuah cue, salah satu kuliner khas Aceh Besar, yang disebut sebut sudah ada dari semenjak zaman indatu, pada masa kesultanan dahulu, kuliner ini juga diakui sering dijadikan sebagai salah satu hidangan yang dihidangkan untuk para raja raja.

Kuah cue merupakan gulai campuran sayur mayur dengan tambahan cue sejenis kerang atau keong berwarna hitam, kuah cue dimasak dengan mengunakan bahan campuran rempah, maka tidak jarang, kuliner ini bisa memberikan rasa yang lezat dan nikmat.

Pada lomba masak kuah cue yang dipusatkan di Jantho panorama park ini, para ibu-ibu terlihat begitu antusias, satu persatu, bahan untuk memasak kuah cue diolah oleh para ibu-ibu peserta, dalam lomba memasak ini para peserta dituntut untuk mengolah masakan kuah cue dengan waktu 2 jam, dan tentunya harus memasak dengan cara mengunakan alat masak khas tradisional Aceh.

Ketua Pengerak PKK Kabupaten Aceh Besar, Hj Rahmah Abdullah mengatakan, melalui peringatan hari ibu yang ke-93, kegiatan memasak kuah cue, bisa membangkitkan nilai sejarah serta budaya yang terkandung dalam kuliner khas yang memiliki cita rasa lezat ini.

Tentunya kegiatan ini memiliki nilai-nilai budaya dan sejarah yang terkandung di dalam kuah cue, termasuk kita memiliki potensi cue yang luar biasa, dan untuk saat sekarang ini kuah cue sudah menjadi favorit makanan tepatnya di sekitaran tempat wisata daerah lhong ujar Hj. Rahmah Abdullah, Ketua TP-PKK Aceh Besar

Sementara itu Bupati Aceh Besar, Ir. H. Mawardi Ali mengatakan, dengan adanya lomba memasak kuah cue pada peringatan hari ibu ke-93, bisa menjadi salah satu ajang untuk mempromosikan kuliner khas Aceh Besar, baik untuk tingkat nasional maupun hingga ketingkat internasional. Bupati juga menambahkan, masakan kuah cue yang memiliki rasa sangat enak sekali ini, harus menjadi salah satu kuliner yang harus terus dikembangkan serta dilestarikan.

Dalam kegiatan ini kita menyediakan kuah beulangong, si reuboh, dan masih banyak yang lain. Di tempat lain ada dua istilah, ada enak dan ada enak sekali, namun di Aceh besar hanya ada satu istilah yaitu enak sekali, enak banget kalau kata orang Jakarta. Kuah cue ini terkenal di masyarakat Lhong, padahal kuah ini ada di berbagai wilayah yang terutama berdekatan dengan pantai ungkap Ir. H. Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar

Diharapkan dengan adanya perlombaan memasak kuah cue, yang juga salah bentuk untuk meriahkan hari ibu ke-93, bisa memotivasi para ibu-ibu untuk terus kreatif dalam menyajikan kuliner tradisional khas Aceh, yang terkenal nikmat dan lezat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments