ACEH BARAT – PUJATVACEH.COM – Dalam rangka menjaga ketahanan pangan di masa Pandemi Covid-19. Ketua ISMI bersama Kapolres Aceh Barat. Melakukan Panen perdana Bawang merah, di Desa Sawang Teube, Kecamatan Kaway 16, Kabupaten setempat.

Pada kegiatan panen tersebut, juga dihadiri Kapolres AKBP Andrianto Argamuda, Dandim 0105/Abar Letkol INF Dimar Bahtera , Kajari Muh Rukhsal M Assegaf SH MH, Kepala Desa Sawang Teube, Para petani, serta perwakilan siswa SMK Pertanian Padang Sikabu.

Panen perdana bawang merah di lahan seluas 2 hektare itu, merupakan program percontohan dibawah binaan Rumah Tani Amiruddin, ST.

Setelah proses Paritas Tajuk selama 65 hari, hasilnya cukup memuaskan. Karena Hal ini terbukti walaupun lahan yang diolah memiliki kadar air yang banyak tetapi mampu “disulap” menjadi lahan produktif untuk penanaman bawang merah.

Foto : Rumah Tani Amiruddin ST, Sukses Panen Bawang Merah Perdana Di Tengah Pandemi Covid-19

“Saya merasa bahagia dan gembira, karena ini merupakan panen perdana di Aceh barat,” Ujar Amiruddin ST, Ketua ISMI Aceh Barat, Kamis, (5/11/20).

Menurutnya, pencapaian hasil panen perdana bawang merah kali ini, hampir 10 Ton lebih dalam satu hektarenya. Tentu tidaklah mudah, karena membutuhkan adanya kesungguhan dan kerja keras tim dari Rumah Tani Amiruddin ST, dalam membina para petani.

Lebih lanjut, Kehadiran Rumah Tani Amiruddin ST, untuk memberikan memotivasi kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan sawah yang kosong, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya dengan menanam bawang merah.

“Hasil panen perdana di ini, akan kembali kita jadikan bibit untuk dikembangkan, dan kita bagikan kepada petani yang ingin menanam bawang,” pungkasnya.

Hari ini, Rumah Tani Amiruddin ST, telah membuktikan dan memecahkan asumsi masyarakat, yang katanya, menanam bawang di Aceh barat tidak akan berhasil.

Saat ini Rumah Tani Amiruddin ST, melakukan pergerakan sosial dalam beberapa sektor, seperti Pertanian, Perikanan dan Pertenakan di wilayah pantai Barat Selatan Aceh.

Wadah yang dipimpin langsung ketua ISMI Aceh Barat itu, siap membantu masyarakat dalam pembinaan, pendampingan serta bantuan modal, dengan tujuan agar masyarakat tidak lagi hidup di bawah garis kemiskinan.

“Dimasa Pandemi Covid-19 ini, kita harus mampu menciptakan produktivitas dari berbagai sektor, untuk menjaga kestabilan ekonomi dan ketahanan pangan,” Harapnya.

Sementara itu, Dandim 0105 aceh barat Letkol Inf. Dimar Bahtera sangat mengapresiasi atas terobosan dan keberhasilan panen bawang perdana oleh Rumah Tani Amiruddin ST.

Dandim menambahkan, ditengah Pandemi Covid-19 ini, ekonomi Indonesia sedang terganggu, maka kita sangat mendukung berbagai terobosan untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Dirinya berharap dengan adanya kegiatan yang sudah ada dibawa bimbingan Rumah Tani Amiruddin ST, kedepan petani di wilayah ini akan terus dibantu dan dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi para petani,” ucap Dandim.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments